Hadits Online

Hadis (Bahasa Arab: الحدي, transliterasi: Haidits), [ adalah perkataan dan perbuatan serta ketetapan dari Nabi Muhammad. Hadis sebagai sumber hukum dalam agama Islam memiliki kedudukan kedua pada tingkatan sumber hukum di bawah Al-Qur'an.

Sanad ialah rantai penutur/perawi (periwayat) hadis. Sanad terdiri atas seluruh penutur mulai dari orang yang mencatat hadis tersebut dalam bukunya (kitab hadis) hingga mencapai Rasulullah. Sanad, memberikan gambaran keaslian suatu riwayat. Jika diambil dari contoh sebelumnya maka sanad hadis bersangkutan adalah
Read More

Rabu, 09 Mei 2012

Dasar teori laporan kromatografi

Kromatografi
TINJAUAN PUSTAKA

Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan. Molekul yang terlarut dalam fase gerak, akan melewati kolom yang merupakan fase diam. Molekul yang memiliki ikatan yang kuat dengan kolom akan cenderung bergerak lebih lambat dibanding molekul yang berikatan lemah. Dengan ini, berbagai macam tipe molekul dapat dipisahkan berdasarkan pergerakan pada kolom

Setelah komponen terelusi dari kolom, komponen tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan detektor atau dapat dikumpulkan untuk analisis lebih lanjut. Beberapa alat-alat analitik dapat digabungkan dengan metode pemisahan untuk analisis secara on-line (on-line analysis) seperti: penggabungan kromatografi gas (gas chromatography) dan kromatografi cair (liquid chromatography) dengan mass spectrometry (GC-MS dan LC-MS), Fourier-transform infrared spectroscopy (GC-FTIR), dan diode-array UV-VIS (HPLC-UV-VIS).

Wilson (2001),menyatakan bahwa temperature suatu zat yang telah di amati dapat menghasilkan suhu berbeda dengan suhu awal. Berhitungan jika bertautan dengan cara yang hasilnya memiliki ketetapan.

Stacy (2003), mengatakan bahwa unsur yang masih terkandung dalam suatu zat kimia lainya.suhu dapat diukur dengan volumenya melalui cara simple yang telah di teliti dan di koreksi yang m,empunyai kesesuaian yang tinggi.

Kromagtografi menurut J. Marray (2004) adalah sesuatu tehnik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola gerak antara dua fase , yaitu fase gerak dan fase diam itu berguna untuk memisahkan komponen yang berada pada larutan.

Menurut Yasid (2005) menyatakan bahwa fase diam adalah fase kromagtografi yang berfungsi sebagai penyerapan dan fase tersebut cenderung menahan komponen campuran.

Faizal Akbar (2011), dalam kromatografi kertas fasa diam didukung oleh suatu zat padat berupa bubuk selulosa. Fasa diam merupakan zat cair yaitu molekul H2O yang teradsorpsi dalam selulosa kertas.fasa gerak berupa campuran pelarut yang akan mendorong senyawa untuk bergerak disepanjang kolom kapiler. Analisis kualitatifmenggunakan kromatografi kertas dilakukan dengan cara membandingkan harga relative response factor (Rf). Nilai Rf identik dengan time retention (tR) atau volume retention (VR).



DAFTAR PUSTAKA
McKay P. 2010. An Introduction to Chromatography [terhubung berkala]. http://www.accessexcellence.org/LC/SS/chromatography_background.php [21 Apr 2010].
Tissue BM. 2000. Chromatography. [terhubung berkala].
http://www.files.chem.vt.edu/chem-ed/sep/chromato.html [21 Apr 2010].
John, Wilson.2001. Kegiatan Perbandingan Praktikum Kimia Dasar. Bumi
          sakti : Semarang
J. Marray 2004. Kromatografi . Balai Pustaka : Jakarta
Stacy.2003.Kimia Dasar dan Terapan Moderen. Erlangga : Jakarta
Yasid . 2005. Kromtografi . Erlangga : Semarang
Dian. kromatografi kertas . www.chem-istry.org/materi/kromatografi1/kertas.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes