Hadits Online

Hadis (Bahasa Arab: الحدي, transliterasi: Haidits), [ adalah perkataan dan perbuatan serta ketetapan dari Nabi Muhammad. Hadis sebagai sumber hukum dalam agama Islam memiliki kedudukan kedua pada tingkatan sumber hukum di bawah Al-Qur'an.

Sanad ialah rantai penutur/perawi (periwayat) hadis. Sanad terdiri atas seluruh penutur mulai dari orang yang mencatat hadis tersebut dalam bukunya (kitab hadis) hingga mencapai Rasulullah. Sanad, memberikan gambaran keaslian suatu riwayat. Jika diambil dari contoh sebelumnya maka sanad hadis bersangkutan adalah
Read More

Jumat, 01 Juni 2012

Bolehkah Perempuan Menolak Lamaran?

Bolehkah perempuan menolak lamaran? Jawabnya tentu saja boleh. Tapi tidak semua lamaran ya. Kalau yang melamar itu orang yang sudah jelas-jelas teridentifikasi kesholehannya dan segala bentuk akhlaqul karimahnya, maka nggak ada alasan syar'i untuk menolaknya.

Lebih jelasnya bisa disimak dari percakapan di bawah ini.

-----------
A: Bolehkah kita menolak lamaran seorang lelaki yang menurut kita belum sesholeh para ikhwan karena ia kategori pria yang hanya pernah beberapa kali ikut liqo, karena dia pemain band musik metal, karena dia pernah terjebak dunia hitam?"

Ustadzah: Boleh

A: Apa penolakan itu termasuk kategori syar'i? Soalnya ada juga yang berpendapat bahwa itu semua hal-hal yang bisa diubah, yang penting orangnya tidak pernah meninggalkan sholat wajib. Menurut ustadzah gimana?

Ustadzah: Itu adalah kategori syar'i. Jangan terlalu berharap dia bisa berubah. Kalau dia serius mau berubah, seharusnya dia berubah sebelum mengajak di perempuan untuk menikah.

A: Lalu alasan apa yang bisa dikatakan dengan sopan oleh si perempuan untuk menolaknya?

Ustadzah: Bilang aja kalau "saya harus memperbaiki diri dulu". Alasan seperti itu secara tidak langsung menyindirnya.

A: Syukran ustadzah..

--------

Jadi, perempuan berhak menolak lamaran dari seorang laki-laki, yang penting alasannya harus syar'i. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes